Konsep Dasar Mekatronika dan Robotika

Pengertian Mekatronika
Mekantronika adalah istilah istilah umum yang populer seiring dengan perkembangan perpaduan ilmu mekanik dan elektronik, dimana ilmu mekanik berasal dari teknik mesin, elektronik berasal dari Teknik Elektro didukung dengan disiplin ilmu lain yang sejalan.

Mekatronik terdiri atas 4 disiplin ilmu yaitu mekanik, elektronik, teknik kendali | kontrol, pemrograman seperti halnya pada bidang robotik. Sebuah produk mekatronik belum tentu robotik namun robot adalah bagian dari mekatronik. Banyak produk mekatronik disekeliling kita misalnya mesin cuci, DVD player,  vacum cleaner, dll.

Dengan berkembangnya ilmu dibidang kendali cerdas maka dikenal pula istilah intelligent mecatronics yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan produk mekatronika yang telah dimuati atau ditanam suatu kecerdasan buatan, contohnya :
  • mesin cuci berbasis logika fuzzy
  • mesin penjual minuman otomatis dilengkapi sistem validasi uang menggunakan metode jaringan syaraf tiruan
  • Sistem printer
  • Mesin fotocopy, dll
Penelitian mutakhir dalam bidang mekatronika tidak dapat dipisahkan dengan penelitian dibidang robotika, jadi ilmu mekatronika berdampingan dan berkembang bersama ilmu robotika dan ilmu kendali.
Konsep Dasar Mekatronika dan Robotika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email