Komutator Motor Listrik | Teknik Mesin Listrik

Fungsi Komutator adalah
komutator berfungsi sebagai alat penyearah mekanik, yang bersama-sama dengan sikat membentuk suatu kerja sama yang disebut komutasi.
Supaya menghasilkan penyearah yang lebih baik, maka komutator yang digunakan jumlahnya banyak. Karena itu tiap belahan/ segmen komutator tidak lagi merupakan bentuk sebagian silinder, tetapi sudah berbentuk lempeng-lempeng. Di antara setiap lempeng/segmen komutator terdapat bahan isolator. Isolator yang digunakan menentukan kelas dari mesin berdasarkan kemampuan suhu yang timbul dalam mesin tersebut.
Jadi di samping sebagai isolator terhadap listrik isolator yang digunakan harus mampu terhadap panas tersebut.

Ber- dasarkan jenis isolator yang digunakan terhadap kemampuan panas ini maka mesin DC dikenal atas:
Kelas A : Maks 70° C
Kelas B : Maks 110° C
Kelas H : Maks 185° C




Proses terbentuknya ggl pada sisi kumparan generator

Tegangan yang dibangkitkan pada sisi kumparan sebuah generator arus searah, sebenarnya adalah dalam bentuk gelombang arus bolak-balik, selanjutnya komutator akan mengubah menjadi arus searah. Proses perubahan arus bolak-balik menjadi arus searah oleh komutator bisa dijelaskan sebagai berikut.

Jadi kalau kumparan berputar, maka sikat komutator akan bergesekan dengan komutator secara bergantian. Peristiwa pergesekan/perpindahan sikat dari satu komutator ke komutator berikutnya biasa disebut komutasi. Peristiwa komutasi inilah yang menyebab- kan terjadinya penyearahan. Jangkar yang umum digunakan dalam mesin arus searah adalah yang berbentuk silinder, yang diberi alur pada bagian permukaannya untuk melilitkan kumparan-kumparan tempat terbentuknya ggl imbas.

Komutator Motor Listrik | Teknik Mesin Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email