Komponen AC Split | Air Conditioner Type Split

AC  split    memisahkan  sisi panas dan sisi dingin sistem. Sisi yang dingin terdiri atas katup ekspansi dan kumparan evaporator yang pada umumnya ditempatkan  dalam  suatu  Air  Handler Unit  (AHU).  AHU  menghembuskan udara melalui kumparan evaporator dan udara, setelah melalui kumparan evaporator menjadi dingin. Udara dingin ini   kemudian   disalurkan   ke   ruangan dalam  gedung   yang  didinginkan .  Sedangkan  sisi panas yang biasa disebut dengan unit kondensasi atau kondenser biasanya diletakkan di luar bangunan.



 Unit ini terdiri dari kumparan spiral yang panjang   yang   berbentuk   silinder.   Di dalam  kumparan  ini ada sebuah kipas angin yang menyemburkan udara, dilewatkan melalui kumparan untuk melepaskan kalor dalam kisi-kisi pipa kumparan  tersebut.  Akibatnya  suhu udara keluar dari unit ini lebih panas dari suhu lingkungan sekitar.

Kondensor   jenis   ini   banyak   dipakai karena di samping murah, juga tidak menimbulkan kebisingan di dalam ruangan. Namun, eksesnya adalah kebisingannya  di  luar  bangungan menjadi meningkat.  Jadi, pada prinsip- nya tidak ada perbedaan antara AC jendela dan AC split, kecuali ukuran AC split lebih besar, seperti kumparan kondenser, evaporator dan kompresor karena  AC split  untuk  keperluan  yang lebih besar dibandingkan AC jendela.

Pada  bangunan-bangunan  seperti mal, supermarket, dan lain-lain, unit konden- sasi ini biasanya diletakkan di atas atap bangunan dan bisa menjadikan pemandangan  yang tidak menarik. Ada lagi yang berukuran kecil dipasang pada atap   berdekatan   dengan   AHU   kecil untuk keperluan ruangan khusus.



Prinsip Unit AC Split





Komponen AC Split | Air Conditioner Type Split Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email