Jangkar Generator Arus Searah

Jangkar dibuat dari bahan yang kuat yang mempunyai sifat ferromagnetik dengan permeabilitas yang cukup besar dengan maksud agar kumparan lilitan jangkar terletak dalam daerah yang imbas magnet- nya besar sehingga ggl yang terbentuk dapat bertambah besar.





Lilitan Jangkar

Lilitan jangkar berfungsi sebagai tempat terbentuknya ggl imbas. Lilitan jangkar terdiri atas beberapa kumparan yang dipasang di dalam alur jangkar. Tiap-tiap kumparan dapat terdiri atas lilitan kawat atau lilitan batang.
Reaksi Jangkar

Fluks magnet yang ditimbulkan oleh kutub- kutub utama dari sebuah generator saat tanpa beban disebut fluks medan utama

Fluks ini memotong belitan jangkar sehingga timbul tegangan induksi, bila generator dibebani maka pada penghantar jangkar timbul arus jangkar. Arus jangkar ini menyebabkan timbulnya fluks pada penghantar jangkar tersebut dan biasa disebut fIuks medan jangkar 


Selanjutnya perhatikan Gambar dibawah Disini terlihat fluks medan utama di sebelah kiri kutub utara dilemahkan oleh sebagian fluks medan lintang (jangkar) dan di sebelah kanan diperkuat. Sedangkan pada kutub selatan fluks medan utama di sebelah kanan diperlemah dan di sebelah kiri diperkuat oleh fluks medan lintang. Pengaruh adanya interaksi ini disebut reaksi jangkar.




                                                           Gambar Fluks Medan Utama

Gambar Fluks Medan Jangkar
 

Reaksi jangkar ini mengakibatkan medan utama tidak tegak lurus pada garis netral teoritis AB, tetapi bergeser sebesar sudut a sehingga tegak lurus pada garis netral teoritis A’ B’.
Sikat yang diletakkan pada permukaan komutator yang terletak pada garis netral AB harus digeser letaknya supaya tidak timbul bunga api. Sikat harus digeser sesuai dengan pergeseran garis netral.


Bila sikat tidak digeser maka komutasi akan jelek, sebab sikat terhubung dengan penghantar yang mengandung tegangan.
 


 


 





Jangkar Generator Arus Searah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email