Teknologi Jaringan Ethernet

Teknologi jaringan Local Area Network terdiri dari beberapa jenis:
  • Ethernet
  • Token Ring
  • FDDI
Di antara ketiga teknologi LAN, Ethernet merupakan jenis yang paling banyak digunakan dan merupakan teknologi yang terus dikembangkan. Ethernet merupakan metoda media akses yang mengijinkan semua host pada sebuah jaringan untuk berbagi bandwith. Ethernet menggunakan layer 1 dan 2 dari OSI reference model. Ethernet menggunakan teknik Carier Sense Multiple Acces with Collision Detect (CSMA/CD) dalam mengatur penggunaan jalur untuk melakukan proses pengiriman data CSMA/CD disediakan untuk menagani masalah collision yang terjadi ketika terdapat paket paket yang dikirimkan secara simultandari host yang berbeda. Pengaturan colision sangat penting karena disaat sebuah host mengirimkan paket data ke dalam sebuah jaringanCSMA/CD, semua node yang lain menerima proces pengiriman tersebut. Device yang mampu mengatur colision secara efektif hanyalah router dan bridge/switch.

Cara Kerja protokol CSMA/CD
  • Ketikahost ingin mengirim melalui sebuah network, pertama akan memeriksa keberadaan sinyal di jalur yang akan digunakan> Jika seluruh jalur kosong( tidak ada host yang melakukan proses pengiriman) maka host akan melakukan proses pengiriman. Host pengirim juga akn mengamati jalur yang digunakan untuk menjamin agar tidak ada host lain yang melakukan pengiriman data. Jika host mengalami colision dan seluruh host yang terdapat dalam network tersebut akan mengalami status jam. Kedua host yang menyebabkan terjadinya collision akan menset timer untuk memilih host yang mempunyai hak melakukan pengiriman terlebih dahulu.
  • Ethernet di dalam layer data link bertanggung jawab mengelola alamat fisik yang biasa disebut MAC address. Ethernet juga bertanggung jawab melakukan proses pengemasan paket yang diterima dari layer network ke dalam bentuk frame dan mempersiapkan frame agar dapat diimplementasikan ke media fisik.
  • Ethernet di layer 1 dapat diimplementasikan pada lingkunganjaringan hub. Jika sebuah station mengririmkan frame, semua device harus melakukan sinkronisasi ke sinyal digital yang dikirimkan oleh station pengirim. Semua device yang menggunakan media fisik yang sama dan menerima frase dari station pengirim tersebut merupakan bagian dari collision domain. 
  • Ethernet biasa digunakan pada topologi bus dan star. Ethernet juga menggunakan teknologi baseband yang berarti ketika sebuah stasion mengirimkan data maka stasion tersebut akan menggunakan seluruh bandwith dalam jalur tersebut.
Teknologi Jaringan Ethernet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email