Sistem Pakar pada Kecerdasan Buatan | Expert System


Definisi Sistem pakar kecerdasan buatan


Sistem Pakar ( expert system ) merupakan cabang dari kecerdasan buatan dan juga merupakan bidang umum yang muncul seiring perkembangan ilmu komputer saat ini. Sistem ini adalah sistem komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar

.



Sistem ini bekerja untuk mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang menggabungkan dasar pengetahuan dengan sistem inferensi untuk menggantikan fungsi seroang pakar dalam menyelesaikan suatu masalah.

Sistem pakar sebagai kecerdasan buatan, menggabungkan pengetahuan dan fakta fakta serta teknik penelusuran untuk memecahkan permasalahn yang secara normal memerlukan keahlian dari seorang pakar.

Tujuan pengembangan sistem pakar adalah mensubstitusikan pengetahuan dan pengalaman pakar di berbagai bidang seperti pertanian, kelautan, bisnis, pendidikan, teknik, telekomunikasi, dll.

Sistem pakar akan menjadi layaknya seorang pakar didalam bidang tertentu sesuai kebutuhan manusia. Sistem pakar juga merupakan perkembangan dunia teknologi mutakhir yang membuat manusia / pengguna mendapatkan informasi dan panduan pada saat diperlukan, selain juga dapat menghemat biaya.

Tujuan sistem ini adalah mentransfer kepakaran yang dimiliki oleh seorang pakar kedalam komputer dan kemudian kepada orang lain. Aktifitas yang dilakukan untuk memindahkan kepakaran adalah;
  • Knowledge Acquisition
  • Knowledge Representation
  • Knowledge Inferencing
  • Knowledge Transfering
Sistem Pakar pada Kecerdasan Buatan | Expert System Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email