Shift Register (Register Geser) | Elektronika Digital

Pengertian Shift Register
Register geser (Shift register) merupakan salah satu piranti fungsional yang banyak digunakan di dalam sistem digital. Pada sistem digital register geser digunakan untuk menggeser suatu data. Pergeseran data pada register dapat dilakukan dalam dua arah yaitu ke arah LSB (Low Significant Bit) dan ke arah MSB (Most Significant Bit). Register geser dikelompokkan sebagai rangkaian logika, dan oleh sebab itu suatu register disusun dari flip-flop. Register geser digunakan sebagai memori sementara dan untuk pergeseran data ke kiri atau ke kanan. Register geser dapat juga digunakan untuk mengubah format data seri ke paralel atau dari paralel ke seri.

Register geser digunakan sebagi memori sementara dan untuk penggeseran data kekiri atau kekanan, register geser juga digunakan untuk mengubah data seri ke paralel atau data paralel ke seri.
Disamping penggeseran karakteristik, kalkulator tersebut juga menunjukan suatu karakteristik memori (memory characteristic). Kunci kalkulator ( misalnya kunci 2) tersebut ditekan dan dilepaskan, tetapi angka tersebut masih terlihat pada peraga. Register “mengingat” kunci mana yang ditekan. Karakteristik memori  sementara ini adalah sangat penting dalam rangkaian digital.






Suatu metode pengidentifikasian register geser adalah bagaimana data dimuat dan dibaca dari unit penyimpanan, seperti yang ditunjukan pada gambar diatas. Dari sistem kerja dari register geser, register geser dapat di klasifikasikan dalam beberapa jenis sebagai berikut. Masukan dan keluaran seri (Serial In Serial Out Register), Register geser jenis ini tidak mengubah format data, karena dengan data input seri dan dikeluarkannya dalam format seri juga, yang berubah adalah nilai dari data tersebut. Masukan seri keluaran paralel (Serial In Parallel Out Register), Register geser ini akan menggeser data seri dan mengeluarkannya dalam format paralel tanpa mengubah nilai data tersebut.

Masukan paralel keluaran seri (Parallel In Serial Out Register), Register geser ini hanya mengubah format data paralel menjadi serial tanpa mengubah nilai dari data tersebut. Masukan paralel keluaran paralel (Parallel In Parallel Out Register), Register geser tipe ini akan mengubah nilai dari data yang digeser dengan format data tetap paralel.

Register geser Serial In – Serial Out (SISO)

Dasar register geser empat-bit dapat dirangakai dengan menggunakan empat D flip-flop, seperti yang
diperlihatkan di bawah. Pengoprasian rangkaian terlihat seperti yang dijelaskan
berikut. Pertama-tama register di-clear, memaksa keempat output bernilai nol. Input data kemudian diterapkan secara sekuensial dengan D input dari flip-flop yang pertama di kiri (FF0). Selama pulsa clock,
satu bit ditransmisikan dari kiri ke kanan. Menerima suatu kata data menjadi 1001. Least significant bit (LSB) data telah digeser lewat register dari FF0 ke FF3.

Register Geser Serial In - Parallel Out (SIPO)
Dari jenis register ini, bit-bit data dimasukan secara serial sama artinya seperti yang didiskusikan dalam seksi terakhir.Perbedaanya adalah cara dimana bit-bit data dipindahkan dari register. Sekali data disimpan, setiap bit muncul pada masing-masing baris keluarannya, dan semua bit-bitnya mampu secara simultan.




Shift Register (Register Geser) | Elektronika Digital Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email