Operasi Pengolahan Citra

Operasi-operasi yang dilakukan di dalam pengolahan citra banyak ragamnya. Namun, secara umum, operasi pengolahan citra dapat diklasifikasikan dalam beberapa jenis sebagai berikut:

1.   Perbaikan kualitas citra (image enhancement).


Jenis operasi ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra dengan cara memanipulasi  parameter-parameter  citra. Dengan operasi ini, ciri-ciri khusus yang terdapat di dalam citra lebih ditonjolkan.
Contoh-contoh operasi perbaikan citra:
a.   perbaikan kontras gelap/terang
b.   perbaikan tepian objek (edge enhancement)
c.   penajaman (sharpening)
d.   pembrian warna semu (pseudocoloring)
e.   penapisan derau (noise filtering)

2.   Pemugaran citra (image restoration).
Operasi   ini   bertujuan   menghilangkan/meminimumkan    cacat   pada   citra. Tujuan   pemugaran   citra   hampir   sama   dengan   operasi   perbaikan   citra. Bedanya, pada pemugaran citra penyebab degradasi gambar diketahui.
Contoh-contoh operasi pemugaran citra:
a.   penghilangan kesamaran (deblurring).
b.   penghilangan derau (noise)

3.   Pemampatan citra (image compression).
Jenis operasi ini dilakukan  agar citra dapat direpresentasikan  dalam bentuk
yang lebih kompak  sehingga  memerlukan  memori  yang lebih  sedikit.  Hal penting yang harus diperhatikan dalam pemampatan  adalah citra yang telah dimampatkan  harus tetap  mempunyai  kualitas  gambar  yang bagus.  Contoh metode pemampatan    citra  adalah  metode  JPEG.  Perhatikan  Gambar  1.8. Gambar sebelah kiri adalah citra kapal yang berukuran 258 KB. Hasil pemampatan citra dengan metode JPEG dapat mereduksi ukuran citra semula sehingga menjadi 49 KB saja.

4.   Segmentasi citra (image segmentation).
Jenis  operasi  ini bertujuan  untuk  memecah  suatu citra   ke dalam  beberapa segmen dengan suatu kriteria tertentu. Jenis operasi ini berkaitan erat dengan pengenalan pola.

5.   Pengorakan citra (image analysis)
Jenis operasi ini bertujuan menghitung besaran kuantitif dari citra untuk menghasilkan  deskripsinya.  Teknik pengorakan  citra mengekstraksi  ciri-ciri tertentu   yang   membantu   dalam   identifikasi    objek.   Proses   segmentasi kadangkala diperlukan untuk melokalisasi objek yang diinginkan dari sekelilingnya.
Contoh-contoh operasi pengorakan citra:
a.   Pendeteksian tepi objek (edge detection)
b.   Ekstraksi batas (boundary)
c.   Representasi daerah (region)

6.   Rekonstruksi citra (image reconstruction)
Jenis operasi ini bertujuan untuk membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil  proyeksi.  Operasi  rekonstruksi  citra  banyak  digunakan  dalam  bidang medis. Misalnya beberapa foto rontgen dengan sinar X digunakan untuk membentuk ulang gambar organ tubuh.













Operasi Pengolahan Citra Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email