Mengelola Lalu Lintas Paket Data Acces List

Pada topik kali ini akan dibahas Paket menggunakan acces list untuk router cisco

Router Cisco memiliki kemampuan untuk mengelola akses lalu lintas paket melewati router. Setiappaket yang melewati router diperiksa untuk menentukan ppaket yang diijinkan dan yang ditolak. Proses penyaringan paket dilakukan dengan menggunakan acces list.

1. Konsep Access List
Acces list pada router cisco menyediakan kemampuan melakukan penyaringan paket. IOS Cisco menggunakan acces list untuk memilah jenis paket yang diijinkan melewati router dengan paket yang tidak boleh melewati router. Sebuah packet list berisi satu atau beberapa buah aturan. Pemasangan acces list biasa dilakukan pada interfaces router, jalur vty untuk akses jarak jauh dan list juga digunakan dalam jaringan DDR (Dial on Demand ROuting) untuk menentukan paket paket yang dapat membentuk dan memutuskan hubungan secara otomatis melalui jaringan PSTN dan ISDN.

Accest List terdiri dari dua jenis yakni standart dan extended
> Standart access list hanya menyaring berdasrkan alamat IP mesin pengirim saja
> Extended access list menyaring paket berdasarkan alamat IP mesin pengririm dan penerima, protokol , jenis port yang dikirim.

Proses penyaringan alamat pengirim dan penerima dilakukan oleh wildardmask. Berdasarkan nilai yang dimiliki oleh wildcardmask access list dapat menentukan apakah paket yang berasal dari alamat tertentu diijinkan melewati router atau tidak.
Mengelola Lalu Lintas Paket Data Acces List Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email