Konsep Kecerdasan Buatan pada Jaringan Syaraf Tiruan

Definisi Kecerdasan Buatan
Artificial Intekkigence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan cabang dari ilmu komputer yang konsen dengan pengautomatisasi tingkah laku cerdas. Definisi ini menunjukan bahwa AI adalah bagian dari komputer sehingga harus didasarkan pada teori suara dan prinsip prinsip aplikasi dari bidangnya. Prinsip prinsip ini meliputi struktur data yang digunakan dalam representasi pengetahuan, algoritma yang diperluka untuk mengaplikasikan pengetahuan tersebut, serta bahasa dan teknik pemrograman yang digunakan dalam mengimplementasikannya. pada dasarnya belum ada definisi dari AI yang pasti namun telah banyak buku buku yang mendefinisikannya secara umum.


Perkembangan Kecerdasan Buatan
Acting Humanly Pendekatan Uji Turing
Uji turing diajukan oleh Alan Turing pada tahun 1950 dirancang untuk menyediakan suatu definisi operasional yang layak bagi kecerdasan. Turing mendefinisikan tingkah laku yang cerdas sebagai suatu kemampuan untuk menirukan manusia dalam semua tugas kognitif. Uji yang dilakukan oleh Turing merupakan komputer yang akan dijalankan oleh manusia melalui teletype. Jika interrogator tidak dapat membedakan apakah yang diinterogasi aalah manusia atau komputer maka komputer berintelejensia tersebut lolos uji turing.


Saat ini pemrograman komputer melalui uji tersebut membutuhkan banyak kerja. Komputer membutuhkan kemampuan sebagai berikut :

Natural Language Processing | Pemrosesan Bahasa Alami
Dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa inggris atau bahasa lainnya.

Knowledge Representation | Representasi Pengetahuan
menyimpan informasi yang dialankan sebelum atau sampai dikerjakan

Automated Reasoning | Penalaran Otomatis
menggunakan informasi yang telah disimpan untuk menjawab pertanyaan dan menggambarka kesimpulan tertentu

Machine Learning | Mesin Pembelajaran
untuk menyesuaikan keadaan , mendeteksi serta memperhitungkan pola

Uji turing sengaja mencegah terjadinya interaksi langsung antara yang menjalankan dengan komputer karena simulasi secara fisik dari manusia tidak memerlukan kecerdasan.
Konsep Kecerdasan Buatan pada Jaringan Syaraf Tiruan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email