Konsep Distance Vector Routing | Administrasi Jaringan Komputer

Dalam konsep ini pembentukan tabel routing dilakukan dengan tiap tiap router akan saling bertukar informasi routing dengan router yang terhubung langsung. Proses pertukaran informasi routing dilakukan secara periodik, misal setiap 20 detik.

Proses pembentukan tabel pada protokol routing yang menggunakan konsep distance vector

  1. Mula mula tabel routing yang dimiliki oleh masing masing router akan berisi informasi alamat jaringan yang terhubung langsung dengan router tersebut.
  2. Secara periodik masing masing router akan saling bertukar informasi sehingga isi tabel routing dari semua router terisi lengkap( converged)
Jika terjadi perubahan topology jaringan pada router , router akan segera mengupdate informasi routing. prose update informasi di tiap router dilakukan secara bertahap. Akibatnya router yang lokasinya jauh akan lebih lama menerima informasi perubahan jaringan yang telah terjadi di suatu lokasi. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya masalah routing loop, yang dapat menghabiskan bandwith dan menambah beban router untuk melakukan pekerjaan yag tidak berguna. Untuk mencegahnya dapat digunakan cara berikut :

  • Pendefiniisan nilai maksimum, langsung memberikan nilai metric maksimum terhadap alamat tujuanyang terputus, dengan memberi nilai maksimum berarti memberi tahu bahwa alamat tujuan tidak dapat dijangkau.
  • Split Horizon, Ketika seuah router menerima informasi routing dari Router A maka router tidak akan memberikan informasi yang sama pada router A.
  • Poison Reverse, mekanismenya sama dengan pendefinisian nilai maksimum
  • Hold Down Timers, sebuah solusi yang digunakan untuk mengatasi masalah jaringan yang tidak stabil. Penggunaanya biasa dikombinasikan denga solusi trigger update.
  • Trigger/flash update, ketika terjadi perubahan topology jaringan router akan segera memberitahukan perubahan tersebut ke seluruh router yang terdapat dalam jaringan sehingga perubahan topology dapat segera diketahui oleh semua outer.
Jenis Roting Protocol yang menggunakan konsep distance vector :
1. RIP ( Routing Information Protocol )
2. IGRP ( Interior Gateway Routing Protocol )
Konsep Distance Vector Routing | Administrasi Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email