Alat Ukur Thermocouple | Teknik Pengukuran dan Instrumentasi

Thermocouple adalah suatu rangkaian yang tersusun dari dua buah logam yang masing-masing mempunyai koefisien muai panjang berbeda yang dihubungkan satu denngan yang lain pada ujung-ujungnya. Jika pada kedua titk hubung kedua logam tersebut mempunyai perbedaan temperature, maka timbullah beda potensial yang memungkinkan adanya arus listrik di dalamnya. Gaya  gerak listrik akibat adanya beda potensial tersebut disebut dengan GGL thermis.

Terdapat   sebuah   kawat   pemanas   lurus   yang   dibuat   dari   bahan   yang mempunyai nilai tahanan yang cukup tinggi. Pada tengah-tengah kawat pemanas tersebut  dihubungkan  dengan  salah satu  titik  hubung dari  thermocouple.  Kedua ujung bebas thermocouple masing-masing dihubungkan dengan pengukur milivolt yang akan mengukur beda tegangan yang dihasilkan oleh kedua ujung thermocouple tersebut. Jika arus I dialirkan melalui kawat pemanas maka kawat pemanas akan membangkitkan panas dengan besar daya berbanding dengan arus kuadratnya. Panas yang dibangkitkan ini menaikkan panas pada tengah kawat pemanas dari T1  ke T2 yang sebanding dengan jumlah panas tersebut.  Temperatur pada salah satu titik hubung thermocouple juga naik sehingga berlaku hubungan
T1 – T2 = K1I2

dengan K1     adalah suatu tetapan. Titik hubung thermocouple yang satunya ditempatkan kira-kira pada temperatur ruangan sehingga thermocouple akan membangkitkan GGL thermis sebesar:
E= K2(T1 – T2)

Dengan K2     juga sebuah tetapan. Akhirnya hubungan  antara arus dan  tegangan adalah:
E = K1K2I2

Arus yang diukur dapat diperoleh dengan mengukur tegangan pada kedua ujung thermocouple yang lain. Pada rangkaian bolak-balik arus yang diukur merupakan arus efektif yang meripakan  gelombang sinus. Sehingga panas  yang dibangkitkan pada kawat pemanas adalah sebagi fungsi waktu. Dengan mengukur


harga tegangan E, maka diperoleh harga dari  arus efektif dari arus bolak balik tersebut.
Pada alat ukur ini harga arus dan tegangan yang ditunjukkan sama saja antara arus DC maupun AC sehingga alat ukur ini termasuk alat ukur yang universal untuk arus searah maupun bolak balik dan tidak terpengaruh oleh bentuk gelombang dari arus yang diukur.
Alat Ukur Thermocouple | Teknik Pengukuran dan Instrumentasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email