VTP | VLAN Trunk Protocol

VTP (VLAN Trunk Protocol) adalah Cisco proprietary Layer 2 protocol yang mengatur penambahan, pengurangan, dan penamaan dari VLAN, jadi ketika ada VLAN baru yang dikonfigurasi pada salah satu VTP Server, VLAN tersebut akan langsung didistribusikan melalui trunk link ke semua SWITCH_ VTP_SERVER yang terhubung dengan VTP Server.

Secara umum Virtual Trunking Protocol (VTP) bukanlah sesuatu  yang wajib dikonfigurasi ketika menggunakan SWITCH_ VTP_SERVER dengan vlan. Namun biasanya untuk manajemen jaringan yang baik, terkadang VTP diperlukan.

VTP merupakan protokol yang akan mendistribusikan konfigurasi vlan ke SWITCH_ VTP_SERVER yang lain melalui jalur trunking. Ada 3 mode VTP yang bisa dikonfigurasikan ke SWITCH_ VTP_SERVER. Mode VTP pertama adalah server. Pada mode ini maka SWITCH_ VTP_SERVER dapat membuat dan menghapus vlan serta mampu mendistribusikan konfgurasi vlannya ke SWITCH_ VTP_SERVER yang lain

Mode VTP kedua adalah client, dimana SWITCH_ VTP_SERVER yang di seting dengan mode ini tidak dapat membuat atau menghapus vlan, dan hanya menerima konfigurasi vlan dari SWITCH_ VTP_SERVER server. Dan mode VTP yang ketiga adalah transparent, dimana pada mode ini SWITCH_ VTP_SERVER dapat membuat dan menghapus vlan, dan konfigurasi vlan dari server akan diteruskan ke SWITCH_ VTP_SERVER yang lain sedangkan ia sendiri mengabaikan (tidak membaca) konfigurasi tersebut. Sampai saat ini VTP sudah mencapai versi 2.

Semoga bermanfaat




VTP | VLAN Trunk Protocol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Berlangganan Via Email