Topologi Star Jaringan Komputer



Topologi star dirancang untuk mengatasi masalah kepadatan jalur komunikasi. Ilustrasi topologi ini disajikan pada gambar di bawah ini :

Metode operasinya mirip dengan metode operasi topologi bus, dengan satu perbedaan mendasar. Bila gambar 5.4 diperhatikan, pada bagian pusat dari topologi ini terdapat sebuah switch. Sebuah switch merupakan sebuah hardware “cerdas” yang digunakan untuk mengantisipasi bentrokan pada saat transmisi data. Semua data akan ditransfer melalui switch.

Switch berfungsi untuk menyediakan sebuah jalur komunikasi virtual antara dua buah komputer yang akan berkomunikasi. Switch mendeteksi bila ada dua buah komputer yang ingin saling berkomunikasi. Kemudian switch akan membuat jalur komunikasi virtual  di  antara  keduanya  sehingga  data  bisa  dikirimkan  melalui  jalur  tersebut. Setelah transfer data selesai, jalur virtual ini akan dihancurkan.



Keuntungan  yang  bisa  diperoleh  dengan  menggunakan  topologi  star  ini  adalah efisiensi dalam penggunaan sumber daya jaringan. Sumber daya jaringan digunakan dengan sangat efisien karena jalur virtual bisa dibuat bila diperlukan dan dihancurkan lagi bila tidak digunakan lagi. Namun demikian ditinjau dari segi biaya penggunaan switch tergolong cukup mahal. Sebuah hardware lain yang cukup sering digunakan untuk menggantikan sebuah switch adalah hub. Hub sedikit kurang “cerdas” dibandingkan  dengan  hub.  Namun  harga  sebuah  hub  jauh  lebih  rendah  daripada switch.

Topologi Star Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Berlangganan Via Email