Topologi Bus | Jaringan Komputer

Apakah yang dimaksud Topologi Bus ?
Topologi bus diimplementasikan dengan menggunakan media fisik berupa kabel koaksial. Topologi ini umumnya digunakan untuk jaringan komputer yang terhubung secara sederhana sehingga komputer-komputer yang terlibat di dalamnya bisa berkomunikasi satu sama lainnya.

Realisasi dari topologi bus ini adalah adanya sebuah jalur utama yang menjadi penghubung antar komputer. Komputer terhubung ke jalur utama melalui sebuah jalur cabang. Ilustrasi mengenai topologi bus ini dapat dilihat pada gambar beikut


Terlihat  jelas  dari  gambar  di  atas  bahwa  komunikasi  antara  tiap  komputer  akan melalui jalur utama. Sebagai contoh bila komputer nomor 1 dari kiri mengirimkan data kepada komputer 5, maka data akan melalui jalur cabang milik komputer 1, kemudian melalui jalur utama, dan melalui jalur cabang milik komputer 5 sebelum sampai ke komputer 5. Demikian pula proses komunikasi antar komputer lainnya.

Sebelum mengirimkan data, NIC komputer pengirim akan melihat dahulu apakah jalur transmisi sedang sibuk atau tidak. Apabila jalur sedang sibuk (sedang digunakan oleh komputer lainnya), maka ia akan menunggu selama beberapa waktu yang acak sebelum mencoba mengirimkan data kembali. Data akan dikirimkan begitu ada indikasi bahwa jalur transmisi sedang tidak digunakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya bentrokan pada saat transmisi data.

Keuntungan menggunakan topologi bus ini adalah kesederhanaannya. Untuk menambahkan komputer ke jaringan ini, hanya perlu memasang konektor baru. Konektor merupakan alat yang menghubungkan antara jalur utama dengan jalur cabang. Sementara itu, topologi bus juga memiliki kekurangan. Bila jumlah komputernya terus ditambah, maka kemungkinan jalur kosong akan makin kecil, akibatnya proses transmisi data akan makin lambat. Makin banyak jumlah komputer yang menjadi anggota jaringan bertopologi bus ini, makin kecil kemungkinan terjadinya  transmisi  data.  Bahkan  pada  suatu  saat  bila  jumlah  komputer  sudah melebihi batas kemampuan jaringan, jaringan tersebut bisa off (koneksi terputus).



Topologi Bus | Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Berlangganan Via Email