Tips Amankan Komputer dari Virus | Teknologi

terkadang kita sering dibuat jengkel ketika komputer tiba-tiba eror karena virus, mari kita pelajari tipsnya agar komputer anda aman dan tetap stabil.

Kenapa bisa kena serangan virus dan sebagainya?

Masalahnya sepele yaitu komputer sering berinteraksi dengan internet tanpa perlindungan ekstra sebagai tameng. Ketika mengunduh file, membaca email, menggunakan software bajakan yang tanpa sengaja telah dipantau oleh spyware jahat, atau software yang telah disusupkan untuk menyerang dari lambat.

Apa ciri- ciri komputer terserang virus?

  1.     Komputer berjalan lebih lambat dan berat dari sebelum terkena virus
  2. Komputer sering hang tanpa sebab seolah- olah komputer mengalami penyakit komplikasi yang berat padahal anda tidak sedang menjalankan program aplikasi yang berat dan hardware komputer sedang tidak dalam masalah kerusakan.
     
    • Komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya.
    •  Menu Run, Search disembunyikan oleh virus. Bertujuan agar admin benar- benar dibuat lumpuh oleh virus.
    • CTRL+ALT+DEL tidak bisa digunakan sudah pasti harus melakukan Hard Reset
    • Regedit dan MSCONFIG di disabled
    • Folder asli pada komputer anda disembunyikan dan diganti dengan file virus. Bertujuan untuk menggandakan dan mengelabui user jika file yang diklik tersebut dikira file yang sesungguhnya.
      Menu Tools -> Folder Options di Windows Explorer hilang.
    • Komputer sering berhenti atau tidak merespon.
    • Komputer tiba-tiba restart atau crash dan ini terjadi beberapa menit sekali.
    • Hardisk atau disk drive tidak bisa diakses. Penyebab terparah ketika komputer telah “sekarat” karena virus sering mengganggu kinerja yang awalnya hanya masalah sepele karena sering hard reset dan bahkan mematikan tanpa shut down, dapat berakibat harddisk rusak.
    • Aktivitas print tidak bekerja dengan semestinya.
    • Komputer selalu mengeluarkan pesan dari mana virus ini berasal.

    Hal di atas merupakan gejala umum dan ciri-ciri komputer terkena virus , tetapi itu bisa juga terjadi akibat dari gangguan pada hardware atau juga software. Solusi utamanya ialah dengan melakukan instalasi antivirus yang selalu Up To Date, maksudnya adalah antivirus yang bisa diupdate. jadi antivirus yang bagus bukan lah kata pakar atau ahli, tapi antivirus yang bagus adalah antivirus yang bisa diupdate. Jangan terlalu sering copy data dari warnet, biasanya warnet adalah sarang virus.

    Menurut laporan www.dshield.org sebuah perusahaan nirlaba sekuritas jaringan di dunia, melaporkan perkembangan terakhir bahwa 1, 1 milyar user terjangkiti dan disusupi oleh malware setiap bulannya. Wow, berita yang sangat mengejutkan. Cara yang dilakukan oleh dshield.org melacak dengan scanning port sistem yang sedang terbuka pada komputer yang melibatkan hacker untuk mengetahuinya. Setelah port komputer terbuka barulah catatan/ log dshield menghitungnya. Bisa anda bayangkan begitu mudahnya seorang hacker menyusup dan memata matai kegiatan anda tanpa sadari. Selain itu pula dshield memberikan rincian waktu Operasi Sistem yang paling cepat di bobol adalah windows (128 menit) dan terlama adalah keluarga Unix (3648 – 5432 menit).

    Jadi, singkatnya jika anda pengguna setia operasi sistem berbasis Windows anda akan diserang dan terinfeksi oleh spyware dan malware dalam waktu kurang lebih 2 jam.

    SOLUSI?

    1. Jangan menjalankan program asing di komputer anda
    Kedengarannya seperti aneh, tetapi perlu anda ketahui bahwa penyebaran virus paling besar yakni ketika seseorang menjalankan program yang terkandung malware, spyware, dan worm.
    2. Batasi akses komputer secara langsung
    Jika komputer anda berisi data penting yang sangat anda butuhkan jangan biarkan semua orang bisa menggunakannya meskipun anggota keluarga anda, kecuali anda telah yakin akan resikonya.

    3. Gunakan password yang multi karakter
    Penggunaan password yang lemah sering kali mudah untuk di jebol oleh pihak jahat. Jangan pergunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, alamat rumah, nama anda, nama hewan, nama anak, nomer handphone, dan sebagainya. Melainkan kombinasikan antara huruf (huruf kecil/ huruf besar) dan angka.

    4. Sering update sistem operasi Windows
    Ssetiap harinya virus dan Trojan selalu melakukan update untuk mencari dan menyerang kelemahan sistem operasi yang lama dan belum terupdate, jika anda belum update maka sistem operasi anda akan menjadi santapan lezat virus.

    5. Back up
    Tak bosan- bosan untuk meminta anda melakukan backup secara teratur file penting kedalam kepingan CD/ DVD. sehingga disaat hal terparah terjadi anda masih mempunai backup data.

    Memilih Software Antivirus

    Agar tidak salah pilih antivirus yang bagus sebaiknya anda tentukan software sesuai kebutuhan seperti dibutuhkannya proteksi password untuk akses internet? Apakah penggunanya anda seorang atau berbarengan dengan yang lain? Berapa lama intensitas pemakaian komputer? Apa persyaratan sistem anda? Berapa budget anda untuk membelinya?
    Setelah anda mampu untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan di atas anda bisa memilih aplikasi pengaman sesuai kebutuhan. Tersedia berbagai antivirus yang handal di pasaran internasional,

    Sekian dullu sobat blogger, semoga bermanfaat






     







Tips Amankan Komputer dari Virus | Teknologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email