Terminologi di dalam VLAN | Virtual Local Area Network


Berikut ini diberikan beberapa terminologi di dalam VLAN, akan kita bahas satu per satu :

  1.  VLAN Data
    VLAN Data adalah VLAN yang dikonfigurasi hanya untuk membawa data- data yang digunakan oleh user. Dipisahkan dengan lalu lintas data suara atau pun manajemen switch. Seringkali disebut dengan VLAN pengguna, User VLAN.
  2. VLAN Default
     Semua port switch pada awalnya menjadi anggota VLAN Default. VLAN Default untuk Switch Cisco adalah VLAN 1. VLAN 1 tidak dapat diberi nama dan tidak dapat dihapus.
  3. Native VLAN, Native VLAN dikeluarkan untuk port trunking 802.1Q. port trunking 802.1Q mendukung  lalu  lintas  jaringan  yang  datang  dari  banyak  VLAN  (tagged traffic)  sama  baiknya  dengan  yang  datang  dari  sebuah VLAN  (untagged traffic).  Port trunking 802.1Q menempatkan untagged traffic  pada Native VLAN.
  4. VLAN Manajemen

    VLAN Manajemen adalah VLAN yang dikonfigurasi untuk memanajemen switch. VLAN 1 akan bekerja sebagai Management VLAN jika kita tidak mendefinisikan  VLAN  khusus  sebagai  VLAN  Manajemen.  Kita  dapat memberi IP  address dan subnet  mask  pada  VLAN Manajemen, sehingga switch dapat dikelola melalui HTTP, Telnet, SSH, atau SNMP.
  5. VLAN Voice

    VLAN   yang   dapat   mendukung   Voice   over   IP   (VoIP).   VLAN   yang dikhusukan untuk komunikasi data suara



Terminologi di dalam VLAN | Virtual Local Area Network Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email