Struktur dan Fungsi Komputer | Sistem Komputer

Komputer merupakan sistem yang kompleks; komputer kontemporer berisi jutaan komponen elektronik elementer. Kemudian bagaimana seseorang dapat menjelaskan komponen-komponen tersebut? Kuncinya adalah dengan mengetahui sifat hirarki sistem- sistem yang paling kompleks, termasuk komputer [SIM069].


Sebuah sistem hirarki adalah sekumpulan subsistem yang saling berkaitan, hirarki yang satu dengan yang sebelumnya, hingga kita mencapai tingkatan yang paling rendah dari subsistem elementer.


Sifat hirarki dari sebuah sistem yang kompleks merupakan hal yang sangat penting baik bagi rancangannya maupun bagi deskripsinya. Pada suatu saat tertentu, perancang hanya memerlukan kaitannya dengan tingkat tertentu daripada sistem. Pada setiap tingkatan, sistem terdiri dari sejumlah komponen dan saling keterkaitannya. Tingkah laku pada masing-masing tingkatan hanya tergantung pada karakterisasi sistem pada tingkat berikutnya yang disederhanakan dan diabstraksi saja. Pada setiap tingkatan, perancang perlu memperhatikan struktur dan fungsi [KOES78]:

• Struktur: Cara komponen-komponen saling terkait.

• Fungsi: Operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur.

Secara deskripsi, kita mempunyai dua buah pilihan: berawal dari bagian bawah dan maju ke bagian atas, atau dimulai dari bagian atas kemudian menguraikan subbagian- subbagiannya  sistem.  Berdasarkan  pengalaman,  pendekatan  secara  atas-bawah  (top- down) akan lebih jelas dan paling efektif

FUNGSI

Pada dasarnya struktur dan pengfungsian komputer merupakan hal yang sederhana. Gambar 1.1 menjelaskan fungsi-fungsi dasar dimana sebuah komputer dapat dibentuk. Secara umum, hanya terdapat empat buah fungsi:

1.   Pengolahan Data

Komputer harus dapat memproses data. Jenis data dapat bervariasi sekali, dan range kebutuhan pengolahannyapun sangat luas sekali. Namun nanti kita akan mengetahui bahwa hanya terdapat beberapa metode atau jenis penting daripada pengolahan data.



2.   Penyimpanan Data


Di samping  itu sangatlah  penting bahwa komputer  harus dapat menyimpan  data. Walaupun  komputer  hanya  memproses  data  untuk  keperluan  dalam  waktu  yang pendek (misalnya, data mnasuk dan diproses, dan hasilnya akan segera dikirimkan), komputer harus dapat menyimpan secara sementara sedikitnya potongan data yang sedang dikerjakan oleh komputer pada suatu saat. Jadi, sedikitnya terdapat fungsi penyimpan data dalam selang waktu yang pendek. File-file data disimpan di dalam komputer untuk dapat dicari dan diperbaharui.


3.   Pemindahan Data



Komputer harus dapat meinindahkan data antara dirinya dengan dunia luar. Lingkungan pengoperasi komputer lerdiri dari perangkat yang melayani sumber data atau  tempat  tujuan  data.  Ketika  data  diterima  dari  atau  dikirimkan  ke  sebuah perangkat  yang  terhubung  langsung  dengan  komputer,  maka  proses  itu  dikenal

sebagai input-output (I/O), dan perangkat tersebut dikenal sebagai peripheral. Pada saat data dipindahkan ke jarak yang cukup jauh, atau dari remote device, proses tersebut dikenal sebagai komunikasi data.


4.   Kontrol
Harus terdapat kontrol bagi ketiga fungsi di atas. Kontrol ini dilatih oleh individual yang menyediakan komputer dengan instruksi-instruksi. Di dalam sistem komputer, sebuah unit kontrol mengatur sumber daya komputer dan mengendalikan unjuk kerja bagian-bagian fungsional dalam memberikan respons terhadap instruksi-instruksi tersebut.
Struktur dan Fungsi Komputer | Sistem Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email