Sistem Pengambilan Keputusan | Komputerisasi

Sistem pendukung keputusan merupakan sistem berbasis komputer yang dirancang untuk mempertinggi efektifitas pengambil keputusan dari masalah semi terstruktur.

Sistem yang interaktif, yang membantu pengambilan keputusan melalui penggunaan data dan model.
Sistem ini bertujuan untuk menghasilkan informasi yang berkaitan langsung dengan proses pengambilan keputusan baik yang bersifat semi terstruktur maupun yang tidak terstruktur. Perbedaan utama antara sistem pendukung keputusan dengan sistem informasi manajemen adalah bahwa sistem informasi manajemen menghasilkan informasi yang lebih bersifat rutin dan terprogram, sedangkan sistem pengambil keputusan sudah dikaitkan dengan proses pengambilan keputusan yang spesifik.

Contoh sistem pengambilan keputusan adalah sistem penjadwalan produksi pada perusahaan yang beroperasi berdasarkan pesanan manajemen produksi seringkali dihadapkan pada proses pengambilan keputusan yang cukup rumit apabila ada berbagai pesanan untuk berbagai produk dari berbagai konsumen pada waktu yang bersamaan. Dalam kondisi seperti ini selain informasi mengenai kondisi internal seperti kemampuan sumber daya manusia, mesin dan bahan juga harus memperhatikan kondisi eksternal. Kesalahan pengambilan keputusan dapat mengakibatkan kehilangan peluang.

Karena menyangkut hal hal yang sifatnya internal dan eksternal dari dalam dan dari luar, banyak hal yang tingkat kepastiannya rendah. Oleh karena itu suatu sistem yang mampu memberikan berbagai alternatif keputusan dalam waktu yang cepat sangat dibutuhkan. Disinilah sistem pendukung keputusan yang berbasis komputer dapat berperan dengan baik.

Untuk selanjutnya akan dibahas secara lebih detail tentang sistem pengambilan keputusan, tunggu update berikutnya, Terimakasih

Sistem Pengambilan Keputusan | Komputerisasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email