Sensor Cahaya | Komponen Elektronika

Sobat bloger kali ini akan dibahas mengenai sensor cahaya, meliputi pengertian sensor cahaya, jenis jenis sensor cahaya, dan keterangannya, Selamat belajar.....................

Apa itu Sensor Cahaya?
Sensor cahaya adalah sensor yang berfungsi mengubah besaran cahaya menjadi intensitas listrik. Dengan kata lain besarnya cahaya yang masuk kedalam area sensor tersebut akan diubah menjadi listrik dan nilainya dapat dihitung.

Jenis - jenis sensor Cahaya :

1. LDR ( light dependent resistor )
LDR adalah sebuah sensor cahaya dimana jika cahaya yang masuk kedalam sensor tersebut semakin sedikit, maka resistansinya akan semakin besar demikian juga sebaliknya jika intensitas cahaya yang masuk semakin banyak maka resistansinya (hambatan) akan semakin sedikit, LDR dihitung dalam satuan ohm.

Digunakan untuk apa?
Berikut aplikasi penggunaan LDR
> digunakan pada lampu taman, lampu jalan yang bisa menghidupkan lampu secara otomatis jika sudah gelap, dan mematikan lampu secara otomatis jika sudah terang

Proses Kerja LDR

Apabila LDR (Light Dependent Resistor) menerima cahaya maka nilai konduktansi antara kedua kakinya akan meningkat (resistansi turun). Semakin besar cahaya yang diterima maka semakin tinggi nilai konduktansinya (nilai resistansinya semakin rendah). Aplikasi LDR salah satunya pada lampu penerangan jalan yang akan menyala otomatis pada saat cahaya matahari mulai redup.


2. Photo Dioda
Photo diode adalah sensor cahaya yang mengadopsi prinsip dioda, yaotu hanya akan mengalirkan arus listrik satu arah saja. Sama seperti LDR, photo diode juaga akan mengubah besaran cahaya yang diterima menjadi perubahan konduktansi pada kedua kakinya, semakin besar cahaya yang diterima semakin tinggi juga nilai konduktansinya dan sebaliknya. Pada photo diode walaupun nilai konduktansi tinggi (resistansi rendah) tetapi arus listrik hanya dapat dialirkan satu arah saja dari kaki Anoda ke kaki Katoda.





3. Photo Transistor
Nah, selain Photodioda ada juga photo transistor, prinsipkerjanya hampir sama dengan photodioda.
Photo transistor adalah sensor cahaya yang dapat mengubah besaran cahaya menjadi besaran konduktansi. Photo transistor prinsip kerjanya sama halnya dengan transistor pada umum, fungsi bias tegangan basis pada transistor biasa digantikan dengan besaran cahaya yang diterima photo transistor. Pada saat photo transistor menerima cahaya maka nilai konduktansi kaki kolektor dan emitor akan naik (resistansi kaki kolektor-emitor turun).

4. Sun Cell | Solar Cell | Sel Surya

Solar cell merupakan jenis sensor cahaya photovoltaic, solar cell dapat mengubah cahaya yang diterima menjadi tegangan. Apabiola solar cell menerima pancaran cahaya maka pada kedua kaki solar cell akan muncul tegangan DC sebesar 0,5 Vdc sampai 0,6 Vdc untuk tiap cell. Aplikasi solar cell yang paling sering kita jumpai adalah pada calculator.

Alat ini dimanfaatkan pula untuk pembangkit listrik, seperti pada lampu trafik light sumber listrik bisa didapat dari sun cell, dari solar cell dapat pula disimpan ke baterai / aki kemudian dikonversi menjadi tegangan listrik AC.

Sekian dulu, semoga bermanfaat,



Sensor Cahaya | Komponen Elektronika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email