Semikonduktor Tipe P | Elektronika

Apabila bahan semikonduktor murni (intrinsik) didoping dengan bahan impuritas (ketidak-murnian) bervalensi tiga, maka akan diperoleh semikonduktor type p.  Bahan dopan yang bervalensi tiga tersebut misalnya boron, galium, dan indium.  

Karena  atom  dopan  mempunyai  tiga  elektron  valensi,   maka hanya tiga ikatan kovalen yang bisa dipenuhi.    Sedangkan tempat yang seharusnya membentuk ikatan kovalen keempat menjadi kosong (membentuk hole)  dan  bisa  ditempati  oleh  elektron  valensi  lain.    Dengan demikian  sebuah  atom  bervalensi  tiga  akan  menyumbangkan sebuah hole.   Atom bervalensi tiga (trivalent) disebut juga atom akseptor, karena atom ini siap untuk menerima elektron.

Seperti halnya pada semikonduktor type n, secara keseluruhan kristal semikonduktor type n ini adalah netral.  Karena jumlah hole dan elektronnya sama.   Pada bahan type p, hole merupakan pembawa muatan mayoritas.   Karena dengan penambahan atom dopan akan meningkatkan jumlah hole sebagai pembawa muatan. Sedangkan pembawa minoritasnya adalah elektron.






Level energi dari hole akseptor dapat dilihat pada Gambar 7.  Jarak antara level energi akseptor dengan pita valensi sangat kecil yaitu sekitar  0.01  eV  untuk  germanium  dan  0.05  eV  untuk  silikon. Dengan demikian hanya dibutuhkan energi yang sangat kecil bagi elektron valensi untuk menempati hole di level energi akseptor. Oleh karena itu pada suhur ruang banyak sekali jumlah hole di pita valensi yang merupakan pembawa muatan.


Semikonduktor Tipe P | Elektronika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Berlangganan Via Email