Sejarah Penyediaan Tenaga Listrik

Postingan kali ini akan dibahas mengenai sejarah pengembangan dan penyediaan Tenaga listrik

Energi listrik adalah salah satu bentuk energi yang dapat berubah ke bentuk energi lainnya. Sejarah tenaga listrik berawal pada Januari 1882, ketika beroperasinya pusat tenaga listrik yang pertama di London, Inggris. Kemudian pada tahun yang sama, bulan September juga beroperasi pusat tenaga listrik di New York, Amerika. Keduanya menggunakan arus searah tegangan rendah, sehingga belum dapat mencukupi kebutuhan kedua kota besar tersebut, dan dicari sistem yang lebih memadai. Pada tahun 1885 seorang dari Prancis bernama Lucian Gaulanddan John Gibbs  dari Inggris menjual hak patent generator arus bolak-balik kepada seorang pengusaha bernama George Westinghouse. Selanjutnya dikembangkan generator arus bolak-balik dengan tegangan tetap, pembuatan transformator dan akhirnya diperoleh sistem jaringan arus bolak-balik sebagai transmisi dari pembangkit ke beban/pemakai.

Bagaimana perkembangan penyediaan listrik di Indonesia?

 Sejarah penyediaan tenaga listrik di Indonesia dimulai dengan selesai dibangunnya pusat tenaga listrik di Gambir, Jakarta (Mei 1897), kemudian di Medan (1899), Surakarta (1902), Bandung (1906), Surabaya (1912), dan Banjarmasin (1922).

 Pusat-pusat tenaga listrik ini pada awalnya menggunakan tenaga thermis. Kemudian disusul dengan pembuatan pusat-pusat listrik tenaga air : PLTA Giringan di Madiun (1917), PLTA Tes di Bengkulu (1920), PLTA Plengan di Priangan (1922), PLTA Bengkok dan PLTA Dago di Bandung (1923).

Jawatan Tenaga Air (s’Lands Waterkroct Bedrijren, disingkat LWB)
membangun dan mengusahakan sebagian besar pusat-pusat listrik tenaga air di Jawa
Barat. Pada tahun 1958 pengelolaannya dialihkan ke negara pada Perusahaan Umum
Listrik Negara.

Saat ini kita ketahui Pengelolaan listrik di indonesi dikelola oleh PT PLN.

Sekian, semoga bermanfat.



Sejarah Penyediaan Tenaga Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Berlangganan Via Email