Pipa Instalasi Listrik

Apakah Fungsi dari pipa instalasi ?

Pipa instalasi berfungsi sebagai pelindung hantaran dan sekaligus perapi instalasi.  Pipa  instalasi  dapat dibedakan  menjadi  tiga, yaitu pipa  baja yang dicat meni (sering disebut pipa union); pipa PVC; pipa fleksibel. Di pasaran,  pipa-pipa  instalasi  terdapat  dalam  potongan  empat  meter dengan diameter yang bervariasi.



Syarat umum pipa instalasi ialah harus cukup tahan terhadap tekanan mekanis, tahan panas, dan lembab serta tidak menjalarkan api. Selain itu, permukaan luar maupun dalam pipa harus licin dan rata.

Pemakaian pipa baja yang berada dalam jangkauan tangan dan dipasang terbuka harus ditanahkan dengan sempurna, kecuali pipa tersebut digunakan  untuk  menyelubungi  kabel  bersiolasi  ganda,  misal  NYM. Tindakan ini dimaksudkan sebagai tindakan pengamanan terhadap kemungkinan  kegagalan  isolasi pada hantaran dalam pipa. Pada ujung bebas, pipa baja harus diberi selubung masuk (tule).\

Apa kegunaan pipa PVC dalam Instalasi listrik ?

Penggunaan pipa PVC memiliki beberapa keuntungan, antara lain: 

  1. Daya  isolasi  baik,  sehingga  mengurangi  kemungkinan  terjadinya gangguan tanah
  2. Tahan terhadap hamoir semua bahan kimia, jadi tidak perlu di cat;
  3. Tidak menjalarkan nyala api
  4. Mudah penggunaannya 
Kelemahan  pipa  PVC  adalah  tidak  dapat  digunakan  pada  suhu  kerja normal  60°C. Selain  itu, di tempat-tempat  yang  diperlukan,  pipa  PVC harus dilindungi dari kerusakan mekanis, misalnya pada tempat-tempat penembusan lantai.

Pipa yang tidak ditanam dalam dinding harus ditanam dengan baik mengunakan klem yang sesuai dengan jarak antar klem tidak lebih dari satu meter untuk pemasangan lurus.
 
Pipa Instalasi Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

Berlangganan Via Email