Perulangan dalam MATLAB | Komputasi Teknik

Perulangan atau iterasi adalah bentuk kendali aliran untuk melakukan pekerjaan berulang kali menggunakan suatu nilai yang berfungsi sebagai pencacah atau counter. Nilai pencacah dinaikkan atau diturunkan setiap kali satu pekerjaan dilakukan. Pada operasi yang melibatkan vektor atau matriks, pencacah biasanya juga berfungsi sebagai indeks, yang menunjukkan posisi elemen vektor atau matriks yang dioperasikan.

Terdapat dua macam perulangan yaitu perulangan berbatas (for) dan perulangan bersyarat (while).

Perulangan Berbatas ( for )
Perlangan berbatas menggunakan pernyataan for sebagai berikut :



for pencacah = awal : perubahan : akhir

Pernyataan operasi end;



Perulangan akan dilakukan mulai dari pencacah sama dengan nilai awal. Setelah satu operasi selesai dilakukan, nilai pencacah diubah sebesar nilai perubahan. Jika nilai pencacah hasil pengubahan telah melebihi nilai akhir, maka perulangan dihentikan.



Nilai perubahan dapat positif (naik) aau negatif (turun). Pada perubahan positif, akhir harus lebih besar dari awal, sedangkan pada perubahan negatif, nilai akhir harus lebih  kecil  dari  nilai  awal.  Nilai  perubahan  bisa  tidak  dinyatakan,  yang  berarti perulangan adalah perulangan positif dengan kenaikan 1, sehingga pernyataan menjadi :



for pencacah = awal : akhir pernyataan operasi
Perulangan Bersyarat ( while )




Kadangkala, syarat nilai akhir perulangan tidak bisa ditentukan dengan pasti. Untuk itu, digunakan perulangan bersyarat. Jika nilai pencacah memenuhi syarat perulangan, maka perulangan dilanjutkan. Jika nilai pencacah tidak memenuhi syarat perulangan, maka perulangan dihentikan.
Perulangan bersyarat menggunakan while sebagai berikut :

Inisialisasi



While syarat_perulangan

Pernyataan operasi; End;



Inisialisasi  biasanya  merupakan  penetapan  nilai  awal  dari  pencacah.  Nilai tersebut akan diuji pada syarat perulangan.


Perulangan dalam MATLAB | Komputasi Teknik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email