Metode Perencanaan LAN Local Area Network

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan jatingan LAN
Sekarang kita akan membahas bagaimana merencanakan suatu LAN yang baik. Tujuan utamanya untuk merancang LAN yang memenuhi kebutuhan pengguna saat  ini dan dapat dikembangkan di masa yang akan datang sejalan dengan peningkatan kebutuhan jaringan yang lebih besar.

Desain  sebuah  LAN  meliputi  perencanaan  secara  fisik  dan logic Perencanaan fisik meliputi media yang digunakan bersama dan infrastruktur LAN yakni pengkabelan sebagai jalur fisik komunikasi setiap devais jaringan. Infrastruktur yang dirancang dengan baik cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan masa datang.

Metode perencanaan LAN meliputi :

•    Seorang administrator network yang bertanggung jawab terhadap jaringan.

•   Pengalokasian IP address dengan subnetting.


•    Peta letak komputer dari LAN dan  topologi yang hendak kita gunakan.

•    Persiapan fisik yang meliputi pengkabelan dan  peralatan lainnya.

Di antara hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan LAN adalah lokasi  fisik  itu  sendiri.  Peta  atau  cetak  biru bangunan-bangunan yang akan dihubungkan serta informasi


jalur kabel (conduit) yang ada dan menghubungkan bangunan- bangunan tersebut sangat diperlukan. Jika peta seperti ini tidak ada maka perlu digambarkan peta dengan cara merunut kabel-kabel yang ada. Secara umum dapat diasumsikan bahwa pengkabelan yang menghubungkan bangunan-bangunan atau yang melewati tempat terbuka harus terdapat di dalam conduit. Seorang manajer jaringan harus menghubungi manajer bangunan untuk mengetahui aturan aturan  pengkabelan  ini  sebab  manajer bangunan yang mengetahui  dan bertanggung jawab atas bangunan tersebut. Pada setiap lokasi (yang dapat terdiri dari beberapa bangunan) harus ditunjuk seorang manajer jaringan. Manajer jaringan harus mengetahui semua konfigurasi jaringan
dan pengkabelan pada lokasi yang menjadi tanggung jawabnya. Pada awalnya tugas ini hanya  memakan waktu sedikit. Namun sejalan dengan perkembangan jaringan menjadi lebih kompleks, tugas ini berubah menjadi tugas yang berat. Jadi sebaiknya dipilih orang yang betul-betul berminat dan mau terlibat dalam perkembangan jaringan.

Sekian, semoga bermanfaat
Metode Perencanaan LAN Local Area Network Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email