Komponen VoIP

 Berikut akan dibahas komponen VOIP

Pada jaringan VoIP dibutuhkan beberapa komponen penunjang layanan VoIP, komponen tersebut merupakan penyusun layanan sehingga   fasilitas  yang disediakan dapat dimanfaatkan secara maksimal, komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut:

1. User Agent


User Agent adalah komponen yang digunakan oleh pengguna untuk memulai dan menerima sesi komunikasi di dalam jaringan VoIP.

2. Proxy Server


Proxy atau bisa juga disebut dengan server gatekeeper adalah komponen yang menerima  registrasi user  agent  dan  bertugas  mengatur  penomoran dan  call  routing. Aplikasi proxy yang mendapatkan reputasi sebagai aplikasi andal adalah Asterisk dan SER (SIP Express Router). Sedangkan proxy yang masih baru antara lain OpenSER, FreeSwitch, dan Yate.   Perlu diketahui proxy yang dimaksud disini bukanlah proxy server internet, melainkan aplikasi server yang mengatur jaringan VoIP.

3. Voice Coding/Codec


Codec (Coder-Decoder) adalah teknologi yang memaketkan data voice ke dalam format data lain dengan perhitungan matematis tertentu, sehingga menjadi lebih teratur dan mudah dipaketkan.

Komponen VoIP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Berlangganan Via Email