Keunggulan Pneumatik

a)  Ketersediaan  yang  tak terbatas,  udara  tersedia  di alam  sekitar  kita dalam jumlah yang tanpa batas sepanjang waktu dan tempat.

b) Mudah   disalurkan,   udara   mudah   disalurkan/pindahkan   dari   satu tempat ke tempat lain melalui pipa yang kecil, panjang dan berliku.

c) Fleksibilitat   Temperatur,   udara   dapat   fleksibel   digunakan   pada berbagai temperatur yang diperlukan, melalui peralatan yang dirancang untuk keadaan tertentu, bahkan dalam kondisi yang agak ekstrem udara masih dapat bekerja.

d)         Aman, udara dapat dibebani lebih dengan aman selain itu tidak mudah terbakar, hubungan singkat (kotsleiting) atau meledak sehingga proteksi terhadap  kedua  hal ini cukup  mudah,  berbeda  dengan  sistim  elektrik yang dapat menimbulkan kostleting hingga kebakaran.

e)         Bersih, udara yang ada di sekitar kita cenderung bersih tanpa zat kimia yang berbahaya, dengan jumlah kandungan pelumas yang dapat diminimalkan sisterm pneumatik aman digunakan untuk industri obat- obatan, makanan, dan minuman maupun tekstil
f)     Pemindahan daya dan Kecepatan sangat mudah diatur., udara dapat melaju dengan kecepatan  yang dapat diatur dari rendah hingga tinggi atau sebaliknya.  Bila Aktuator menggunakan  silinder pneumatik,  maka

kecepatan   torak   dapat   mencapai   3  m/s.     Bagi   motor   pneumatik putarannya dapat mencapai 30.000 rpm, sedangkan sistim  motor turbin dapat mencapai 450.000 rpm.

g) Dapat disimpan, udara dapat disimpan melalui tabung yang diberi pengaman terhadap kelebihan tekanan udara. Selain itu dapat dipasang pembatas tekanan atau pengaman sehingga sistim menjadi aman.

h)   Mudah   dimanfaatkan,    udara   mudah   dimanfaatkan    baik   secara
langsung  misal  untuk  membersihkan  permukaan  logam  dan  mesin- mesin, maupun tidak langsung, yaitu melalui peralatan pneumatik untuk menghasilkan gerakan tertentu.
Keunggulan Pneumatik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email