Kerugian / Kelemahan Pneumatik

a)  Memerlukan   instalasi   peralatan   penghasil   udara.   Udara   kempa harus dipersiapkan secara baik hingga memenuhi syarat. memenuhi kriteria  tertentu,  misalnya  kering,  bersih,  serta  mengandung  pelumas yang  diperlukan   untuk  peralatan   pneumatik,   sehingga   memerlukan instalasi  peralatan  yang  relatif  mahal,  seperti  kompressor,  penyaring udara, tabung pelumas, pengeering, regulator, dll.

b)         Mudah terjadi kebocoran,  Salah satu sifat udara  bertekanan  adalah ingin  selalu  menempati  ruang  yang  kosong.  Selain  itu tekanan  udara susah dipertahankan  dalam waktu bekerja. Oleh  karena itu diperlukan seal  agar  udara  tidak  bocor.  Kebocoran   seal   dapat  menimbulkan kerugian    energi.    Peralatan    pneumatik    harus    dilengkapi    dengan peralatan   kekedapan    udara   agar   kebocoran 
 pada   sistim   udara bertekanan  dapat ditekan seminimal mungkin.

c)         Menimbulkan  suara bising, Pneumatik menggunakan  sistim terbuka, artinya udara yang telah digunakan akan dibuang ke luar sistim, udara yang keluar cukup keras sehingga berisik sehingga akan menimbulkan suara bising terutama pada saluran buang. Cara mengatasinya  adalah dengan memasang peredam suara pada setiap saluran buangnya.

d) Mudah Mengembun, Udara yang bertekanan mudah mengembun, sehingga  sebelum memasuki  sistem harus diolah terlebih dahulu agar memenuhi  persyaratan  tertentu,  misal  kering,  memiliki  tekanan  yang cukup,  dan  mengandung  sedikit  pelumas  agar  mengurangi  gesekat pada katup-katup dan aktuator.
Kerugian / Kelemahan Pneumatik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email