Jenis jenis Komputer dan Kegunaanya

Secara umum komputer dapat dibagi menjadi 4 jenis :

1. Mainframe
Komputer ini dikenal sebagai komputer induk, mampu melakukan banyak pekerjaan berat dan rumit, mengontrol peralatn peralatn dan basis data yang sangat besar secara simultan sekaligus ( multiproses).
Ukuran mainframe juga sangat besar dibandingkan komputer pada umumnya, contohnya; maiframe pengendali satelit Bumi, pengendali lalu lintas pesawat terbang. Pada Industri besar mainframe ini sekaligus mendata bahan, mengendalikan proses produksi dan kualitas bahan jadi, pendataan penyimpanan data administrasi, dll

2. Minicomputer
secara fisik berukuran lebih kecil dari mainframe, tetapi lebih besar dari komputer yang sering kita temui, minicomputer juga mampu melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh mainframe, namun dalam kapasitas yang lebih kecil.
Kebanyakan minicomputer justru bersifat single purpose, hanya untuk sebuah pekerjaan utama yang tetap. contoh: pengendali transaksi ATM di bank, penyimpanan data arsip nasional, dsb

3. Microcomputer
adalah jenis komputer yang paling sering kita lihat selama ini, disebut juga dengan Personal Computer (PC), karena ditujukan untuk pengguna yang bersifat pribadi / personal. PC sering disebut dengan istilah dekstop karena bentuknya yang relatif kecil dapat diletakan diatas desk / meja. namun sebagai computer personal yang memiliki keterbatasan dibandingkan dengan mainframe, teknologi PC berkembang sangat pesat. Saat ini PC sudah bersifat multi guna dan multifungsi.

4. Portabel Komputer
sering juga disebut dengan laptop, karena bisa diletakan diatas lap, pangkuan, adalah komputer yang bersifat mobile dapat dibawa kemana mana untuk melakukan pekerjaan yang dapat dilakukan oleh PC, dengan demikian Laptop / notebook / portabel computer adalah sebuah PC bergerak, performanya tidak jauh berbeda dengan PC bahkan bisa lebih handal.
Jenis jenis Komputer dan Kegunaanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email