Fungsi dan Implementasi Intranet | Jaringan Komputer

Informasi perusahaan (portal) yang mencakup berita, presensi kehadiran, prosedur kerja setiap divisi, kumpulan data penyimpanan, surat dan komunikasi antar divisi, dan lain-lain dapat diintegrasikan dalam satu sistem pusat informasi yang berbasiskan   HTML (HyperText Markup Language) atau yang lebih dikenal

dengan  istilah World Wide Web (www).

Implementasi dan karakteristik intranet  lainnya meliputi:

Jadwal perorangan dan kelompok (personal and group scheduling),

Pesan diterima ketika keluar (while were you out form),
 Manajemen informasi bagi perorangan dan kelompok (personal/group information management)
dan transfer dokumen secara langsung (straight document transfer).

Hal yang mendorong penggunaan intranet adalah kebutuhan akan informasi. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 103 executive sistem informasi yang memiliki 500 pegawai. Mereka memprioritaskan   penggunaan   intranet   untuk   menyebarkan   manual,   katalog,   daftar   barang, menyediakan human relation, dan informasi pekerjaan, menawarkan jasa email, dan mengadakan suatu revisi dokumen secara bersama-sama.

Alasan tersebut ditambah beberapa alasan antara lain :
 Komunikasi yang lebih baik antar pegawai
Biaya pengembangan dan perawatan yang lebih murah dibanding teknologi client server biasa.
 Keinginan untuk menaikkan rasa kepemilikian data, dan tanggungjawab pengguna
  Keinginan untuk menggunakan protokol yang terbuka.
 Mudah digunakan dan sederhana
 Mudah mendistribusikan program aplikasi ke user.
 Menaikkan akses dan distribusi informasi ke pengguna.

Awalnya teknologi intranet datang bersama dengan teknologi internet. Perbedaannya adalah pada penggunaan firewall bagi jaringan lokal intranet yang  terkoneksi ke internet, agar dapat melindungi aset sistem informasi yang dimiliki perusahaan dari serangan pihak luar. Hal ini menjadikan intranet benar-benar dapat berfungsi secara independen dari internet, karena tidak terhubung dengan jaringan luar.



Hal lain yang membedakan intranet dan internet adalah dari sisi penggunanya. Aplikasi dan informasi intranet ditujukan bagi kalangan dalam organisasi itu sendiri. Sedangkan informasi di suatu situs internet ditujukan bagi kalangan luas (umum).

Pada saat ini teknologi intranet, telah mengalahkan popularitas teknologi client-server tradisional. Setiap orang dan perusahaan berlomba-lomba memanfaatkan teknologi ini. Hingga sebagian besar melupakan satu hal yang paling penting dalam model client-server, yaitu: pengembangan sistem tanpa disain yang baik akan mengakibatkan suatu sistem menjadi kurang bermanfaat.
Fungsi dan Implementasi Intranet | Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email