Desktop Tools MATLAB | Cara menggunakan Matlab

Ketika  MATLAB  dijalankan  pertama  kali,  MATLAB  desktop  tampil,  berisi tools (graphical user interfaces) untuk mengatur file, variables, dan aplikasi MATLAB. Pertama kali MATLAB dijalankan akan tampil desktop dengan ilustrasi sebagai berikut.
Jendela-jendela yang ada di MATLAB adalah sebagai berikut :


Command window

Digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsi MATLAB.


 Command history

Digunakan untuk menyimpan baris-baris perintah yang telah diketikkan di command window. Kita dapat melihat fungsi-fungsi yang digunakan sebelumnya, mengkopi dan menjalankannya kembali dari command history

  Launch pad

Menyediakan akses yang mudah ke tools, demo dan dokumentasi.

 Help browser

Untuk mencari dan menampilkan dokumentasi semua produk MathWorks.


Current diectory browser

Operasi MATLAB file menggunakan current directory dan search path sebagai referensi. File yang akan dijalankan harus berada di current directory atau ada pada search path.

 Workspace browser

Berisi  kumpulan  variabel  yang  terbentuk  sepanjang  sesi  MATLAB  dan  di simpan di memory.

 Array editor

Menampilkan isi array dalam format tabel dan dapat digunakan untuk mengedit isi array.

 Editor/Debugger

Digunakan untuk membuat, mengedit, dan men-debug M-files, yakni program yang dibuat untuk menjalankan fungsi-fungsi MATLAB.

 Figure

Figure adalah jendela untuk menampilkan gambar grafik seperti perintah plot dan sejenisnya. Gambar pada jendela figure ini dapat disimpan ke dalam sebuah file yang sewaktu-waktu dapat dipanggil kembali.

 Help

Untuk menghafalkan semua perintah MATLAB mungkin akan menemui banyak kesulitan. Untuk menemukan perintah-perintah itu, MATLAB menyediakan bantuan dengan  menyediakan  help  online.  Kemampuan  ini  meliputi  perintah  MATLAB untuk memperoleh keterangan cepat pada command window atau pada help browser.




Desktop Tools MATLAB | Cara menggunakan Matlab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email