Dasar Simulasi Matlab

Pengertian Matlab


MATLAB adalah sebuah bahasa dengan (high-performance) kinerja tinggi untuk  komputasi masalah teknik. Matlab mengintegrasikan komputasi, visualisasi, dan  pemrograman dalam suatu model yang sangat mudah untuk pakai dimana masalah-masalah  dan penyelesaiannya diekspresikan dalam notasi matematika yang familiar. Penggunaan  Matlab meliputi bidang–bidang:
  • Matematika dan Komputasi
  • Pembentukan Algorithm 
  • Grafik Keilmuan dan bidang Rekayasa
  • Analisa data, explorasi, dan visualisasi 
  • Pemodelan, simulasi, dan pembuatan prototipe 
  • Akusisi Data 
Tentunya dalam Teknik Elektro Matlab akan sangat membantu dalam perancangan suatu sistem yang membutuhkan pemodelan dengan komputasi teknik.

MATLAB merupakan suatu sistem interaktif yang memiliki elemen data dalam suatu array  sehingga tidak lagi kita dipusingkan dengan masalah dimensi. Hal ini memungkinkan kita  untuk memecahkan banyak masalah teknis yang terkait dengan komputasi, kususnya yang  berhubungan dengan matrix dan formulasi vektor, yang mana masalah tersebut merupakan  momok apabila kita harus menyelesaikannyadengan menggunakan bahasa level rendah  seperti Pascall, C dan Basic.

Nama MATLAB merupakan singkatan dari matrix laboratory. MATLAB pada awalnya  ditulis untuk memudahkan akses perangkat lunak matrik yang telah dibentuk oleh LINPACK  dan EISPACK. Saat ini perangkat MATLAB telah menggabung dengan LAPACK dan BLAS  library, yang merupakan satu kesatuan dari sebuah seni tersendiri dalam perangkat lunak  untuk komputasi matrix.

Dalam lingkungan perguruan tinggi teknik, Matlab merupakan perangkat standar untuk  memperkenalkan dan mengembangkan penyajian materi matematika, rekayasa dan kelimuan.  Di industri, MATLAB merupakan perangkat pilihan untuk penelitian dengan produktifitas  yang tingi, pengembangan dan analisanya.

Fitur-fitur MATLAB sudah banyak dikembangkan, dan lebih kita kenal dengan nama  toolbox. Sangat penting bagi seorang pengguna Matlab, toolbox mana yang mandukung untuk  learndan applytechnologi yang sedang dipelajarinya. Toolbox toolbox ini merupakan  kumpulan dari fungsi-fungsi MATLAB (M-files) yang telah dikembangkan ke suatu  lingkungan kerja MATLAB untuk memecahkan masalah dalam kelas particular. Area-area  yang sudah bisa dipecahkan dengan toolbox saatini meliputi pengolahan sinyal, system  kontrol, neural networks, fuzzy logic, wavelets, dan lain lain.

Nah itu dulu sekilas tentang dasar operasi Matlab.

Semoga bermanfaat,
Dasar Simulasi Matlab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Berlangganan Via Email