Artikel | Karya Ilmiah


Artikel jurnal disusun untuk kepentingan publikasi karya ilmiah penulisnya dan menentukan posisi keilmuan seseorang. Artikel jurnal ilmiah dapat disusun berdasarkan hasil sebuah penelitian atau hasil pemikiran yang disertai kajian kepustakaan yang relevan dan komprehensif. Artikel jurnal ilmiah disusun berdasarkan panduan umum penulisan artikel jurnal dan gaya selingkung yang ditetapkan oleh masing-masing pengelola jurnal.
Penulisan  artikel  jurnal  ilmiah  disusun  berdasarkan  sistematika:  judul,  penulis, abstrak,  kata kunci,  pendahuluan,  metode,  hasil  penelitian,  pembahasan,  kesimpulan dan saran.  Sementara  itu  artikel  yang  disusun  berdasarkan  hasil  pemikiran  disusun  sebagai

berikut: judul, penulis, abstrak, kata kunci, pendahuluan, isi (terdiri atas beberapa subtopik), dan simpulan.
Prinsip utama tulisan jurnal adalah spesifik dan mendalam. Spesifik artinya tulisan yang  disajikan  harus  memuat  bidang  keilmuan  yang  khusus,  tidak  bersifat  umum.  Oleh karena itu, penulis jurnal harus orang yang memiliki keilmuan di bidangnya. Penulis jurnal adalah seorang spesialis,  bukan generalis.  Mendalam berarti kajian yang  disajikan  harus benar-benar menyentuh esensi keilmuan atau esensi topik yang dibahasnya.

Artikel | Karya Ilmiah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email