1 Katup 3/2 dengan Penekan Roll | Pneumatik

Katup ini sering digunakan  sebagai  saklar pembatas  yang dilengkapi  dengan roll  sebagai  tombol.  Katup  ini  bekerja  bila  tombol  roll  pada  katup  tertekan  secara manual melalui nok yang terdapat pada silinder Pneumatik atau karena adanya sistim mekanik  lainnya. 

Saat posisi katup pneumatik  belum tertekan  yaitu saat katup tidak dioperasikan, saluran 2 berhubungan dengan 3, dan lubang 1 tertutup sehinggga tidak terjadi kerja apa-apa. Katup akan bekerja dan memberikan reaksi apabila ujung batang piston (batang penekan) sudah mendekat dan menyentuh pada roller-nya.

Saat rooler tertekan  maka  terlihat  bahwa  lubang  1 berhubungan  dengan  saluran  2, sedangkan saluran 3 menjadi tertutup. Hal ini akan berakibat bahwa udara bertekanan dari lubang 1  akan  diteruskan   ke  saluran   2.  Aplikasinya   nanti  adalah   saluran   2  itu  akan dihubungkan   pada  katup  pemroses   sinyal  berikutnya.   Saluran  2  akan  berfungsi sebagai pemberi sinyal pada katup berikutnya.


Katup sinyal roll ini akan bekerja apabila ujung roller tertekan oleh nok aktuator atau lainnya.   Katup  semacam  ini dapat  berfungsi  sebagai  pembatas  gerakan  atau pencegah  gerakan yang berlebihan.  Katup pneumatik  pada dasarnya  identik dengan saklar pada rangkaian listrik, maka katup tersebut juga disebut saklar pembatas.

Semoga bermanfaat,
1 Katup 3/2 dengan Penekan Roll | Pneumatik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email