Macam macam Kapasitor Sesuai Bahan Konstruksinya

Apa saja jenis kapasitor? mari kita bahas secara ringkas

 Kapasitor seperti juga resistor nilai kapasitansinya ada yang dibuat tetap dan ada yang variabel. Kapasitor dielektrikum udara, kapasitansinya berubah dari nilai maksimum ke minimum. Kapasitor variabel sering kita jumpai pada rangkaian pesawat penerima radio dibagian penala dan osilator. Agar perubahan kapasitansi di dua bagian  tersebut serempak maka digunakan kapasitor variabel ganda. Kapasitor variabel ganda adalah duabuah kapasitor variabel dengan satu pemutar.  Berdasarkan dielektrikumnya kapasitor dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

1.  kapasitor keramik
2.  kapasitor film
3.  kapasitor elektrolit
4.  kapasitor tantalum
5.  kapasitor kertas  


Kapasitor elektrolit dan kapasitor tantalum adalah  kapasitor yang mempunyai kutub atau polar, sering disebut juga dengan nama kapasitor polar. Kapasitor film terdiri dari beberapa jenis yaitu polyester film, poly propylene film atau polysterene film.

Karakteristik Berbagai Macam Kapasitor 

Kapasitor mika mampu menerima tegangan sampai ribuan volt pada rangkaian frequency tinggi. Kapasitor untuk rangkaian frekuensi tinggi  electron-elektron harus mengisi plat-plat logam dan mengisi dielektrikumnya. 
Pada saat arus berubah arah electron elektron harusmeningkatkan dielektrikum. Perubahan arah arus yang terjadi pada kapasitor terhalangi oleh rintangan yang disebut hysterisis kapasitif. Sifat-sifat kapasitor pada umumnya :

a.  Terhadap tegangan dc merupakan hambatan yang sangat besar.
b.  Terhadap tegangan ac mempunyai resistansi yang berubah-ubah sesuai dengan frequency
      kerja.
c.  Terhadap tegangan ac akan menimbulkan pergeseran fasa, dimana arus 90 mendahului

       tegangannya.  


Macam macam Kapasitor Sesuai Bahan Konstruksinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Berlangganan Via Email