Konsep circuit switching Pada Jaringan Telekomunikasi

Pada bab ini akan membahas Konsep circuit switching Pada Jaringan Telekomunikasi yang merupakan terusan dari postingan Jaringan Komunikasi Telepone

Konsep circuit switching

Teknologi circuit switching bisa optimal dengan cara menentukan operasi simpul circuit switching tunggal. Sebuah jaringan yang dibangun di sekitar simpul circuit switching terdiri dari sekumpulan station yang terhubung pada suatu unit switching pusat. Switch pusat menetapkan jalur khusus diantara 2 perangkat yang ingin komunikasi.



Elemen-elemen simpul circuit switch :

1.Switch digital : Inti dari system modern.
   Fungsinya : untuk menyediakan jalur sinyal yang jelas di antara sepasang perangkat yang terpasang
Jalur harus ada sepasang perangkat yang terpasang dimana terdapat koneksi langsung di antara mereka. Koneksi yang dilakukan berupa transmisis full duplex.

2. Interface Jaringan
Interface jaringan merupakan hardware yang diperlukan dan berfungsi untuk menghubungkan perangkat digital, seperti perangkat pengolahan data dan telepon digital, ke jaringan telepon analog juga bisa dipasang bila interface jaringan berisi logic dan mengubahnya menjadi sinyal digital menjadi bit biner.

3. Unit Kontrol



a. Kontrol unit berfungsi membangun koneksi.
Dilakukan berdasarkan atas permintaan dari perangkat yang terpasang.
Tugasnya : Mengendalikan dan membalas permintaan, menentukan apakah tujuan dalam keadaan bebas, menyusun jalur sepanjang switch.

b. Unit kontrol harus mempertahankan koneksi.
Switch digital menggunakan prinsip time-division, sehingga memerlukan manipulasi dari elemen switch secara terus menerus. Bit-bit komunikasi ditransfer secara transparan

c. Unit kontrol harus memutuskan koneksi.
Baik dalam merespon permintaan dari salah satu pihak maupun karena permintaannya sendiri.


Konsep circuit switching Pada Jaringan Telekomunikasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Berlangganan Via Email