Energi Terbarukan

     Saat ini kita masih banyak bergantung pada energi yang berasal dari sumber yang tidak terbarukan, seperti minyak bumi, lama kelamaan keberadaannya akan habis dikarenakan pemakaian yang tinggi namun proses pembentukannya memerlukan waktu berjuta juta tahun. Untuk itu perlu dicari solusi dengan menggunkan energi terbarukan, seperti untuk membangkitkan listrik tidak menggunakan batu bara tetapi menggunakan PLTA pembangkit Listrik Tenaga Air, Kincir anging atau perubahan bentuk energi lain yang tidak memakai bahan hasil tambang.

Sangat dibutuhkan energi alternatif yang merupakan pengganti bahan bakar minyak yang
cadangannya terus berkurang dan akan lebih baik bila lebih ramah lingkungan. Beberapa jenis tanaman
ternyata telah terbukti dapat digunakan sebagai sumber energi. Selain mempunyai nilai kalor yang cukup tinggi, terbarukan, memiliki nilai ekonomis untuk dibudidayakan juga lebih ramah lingkungan. Dengan mengubah kandungan lemak yang ada pada beberapa tanaman melalui proses transesterifikasi dapat diperoleh senyawa
ester yang dapat menggantikan minyak solar, dengan fermentasi gula dapat diperoleh etanol sebagai pengganti bensin, dan dengan memproses kotoran dengan bakteri anaerob dapat diperoleh biogas. Dengan pengolahan yang baik akan dapat diperoleh hasil yang memadai.


Energi Terbarukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

No comments:

Berlangganan Via Email