Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Tahukah anda bahwa Buah Pepaya sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita? 


       Buah Pepaya yang memiliki nama Latin Carica papaya adalah buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Selatan bagian utara. Kemudian buah pepaya meluas dan dibudidayakan di negeri tropis. Kata ‘pepaya’ dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Belanda disebut sebagai ‘papaja’. Dalam bahasa Jawa ‘pepaya’ disebut ‘kates’.

      Pepaya mulai dari buah hingga daunnya memiliki manfaat dan khasiat masing-masing sama halnya seperti buah alpukat. Daging buah yang matang bisa dimakan begitu saja atau dijadikan campuran es buah, daging buah yang masih muda dapat dijadikan sayur. Kemudian, daun pepaya dijadikan sayuran dan lalap. Perasan buah pepaya pun ternyata berkhasiat untuk menambah nafsu makan.

Manfaat & Khasiat Buah Pepaya bagi Tubuh

1. Sumber vitamin C, vitamin E dan beta-karoten.
Tiga hal yang dapat menjadi antioksidan yang ampuh. Vitamin A, vitamin C dan beta-karoten yang terkandung dalam buah pepaya berkhasiat sebagai antioksidan terhadap kolesterol sehingga terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Sumber serat yang baik
Khasiat buah pepaya yang selanjutnya ialah pepaya mampu mengikat zat beracun dalam usus besar sehingga sel-sel usus menjadi tetap sehat.

3. Kandungan asam folat dalam buah pepaya
Asam folat dapat mengubah asam amino homosistein menjadi jinak untuk mencegah faktor risiko serangan jantung dan kolesterol. Nah, dengan adanya gabungan antara asam folat, vitamin C dan E serta beta-karoten ini dapat memberikan perlindungan dari radikal bebas.

4. Pepaya mengandung enzim
Enzim bernama papain ini digunakan untuk membantu mencerna protein dan dapat digunakan untuk mengobati luka cedera dan alergi. Enzim papain pun berkhasiat sebagai obat perut seperti diare, sakit maag dan sembeli. Selain itu pepaya juga bisa diaplikasikan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat.

Khasiat Daun Pepaya

Selain buahnya, daun pepaya yang sering dimasak sebagai sayuran atau lalapan pun memiliki khasiat yang tidak kalah dengan buahnya.
1. Memperlancar pencernaan
Daun pepaya memiliki senyawa kimia yang bernama karpain dan dapat membunuh mikroorganisme yang sering menggangu pencernaan.
2. Daun pepaya dapat menambah nafsu makan
Khususnya bagi Anda yang memiliki anak-anak yang tidak selera makan, Anda dapat mengolah daun pepaya segar dan ukurannya sebesar telapak tangan untuk diblender dengan air dan garam kemudian disaring. Selesai itu semua, Anda dapat memberikan airnya tersebut kepada anak supaya selera makannya bertambah.
3. Obat demam berdarah
Ya, daun pepaya dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan demam berdarah. Dengan ramuan dari daun pepaya yakni merebus lima lembar daun pepaya kemudian airnya diambil setelah tersisa tiga per empatnya untuk diminum.
4. Mengobati nyeri haid
Kalau sekarang biasanya wanita meminum minuman supaya tidak sakit saat haid, dulu wanita Jawa sering meminum hasil ramuan dari daun pepaya untuk mengurangi rasa sakit saat haid.
5. Sebagai obat jerawat
Tidak hanya buah pepaya yang bisa dijadikan masker pengobat jerawat tetapi daun pepaya pun memiliki khasiat serupa. Caranya dengan 2-3 lembar daun pepaya tua yang dijemur kemudian ditumbuh halus. Setelah itu kita dapat menambahkan satu sendok air dan dijadikan masker di wajah yang berjerawat.
Baik daun pepaya ataupun buah pepayanya sendiri benar-benar bermanfaat! Pepaya pun bisa diolah menjadi berbagai macam olahan, mulai dari dimakan langsung, dimasak sebagai sayuran atau lalapan, bisa dijadikan masker dan bahkan obat untuk menyembuhkan penyakit. Yang pasti ntah dengan cara bagaimana Anda mengonsumsi buah pepaya yang lezat ini, Anda sudah tahu apa khasiat buah pepaya!




Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email