Perkembangan Teknologi Nano ( Nanotechnolgy)

NANO TECHNOLOGY

         Nanotechnology (teknologi nano) adalah ilmu (science) untuk membuat mesin-mesin yang berukuran sangat kecil, dalam level molekul. Nama ini diperoleh dari kata {nanometer} yang berarti sepermilyar meter (10 pangkat minus 9), yaitu ukuran dari mesin-mesin ini.
Nanoteknologi kadang juga disebut sebuah rekayasa pada tingkatan molekuler, merupakan area multidisiplin dari berbagai ilmu terapan dan teknik dengan tujuan untuk mendesain dan membuat komponen dan sistem yang sangat kecil.

       Peran teknologi nano dalam IT (information technology), sudah tidak diragukan lagi. Bertambahnya kecepatan komputer dari waktu ke waktu, meningkatnya kapasitas hardisk dan memori, semakin kecil dan bertambahnya fungsi telepon genggam, adalah contoh-contoh kongkrit produk teknologi nano di bidang IT. 
Kontribusi teknologi nano pada pengembangan IT secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga.

1. Penambahan kepadatan jumlah device.
    Gambaran mudahnya, bila ukuran satu buah transistor bisa dibuat lebih kecil maka kepadatan jumlah      transistor pada ukuran chip yang sama secara otomatis akan menjadi lebih besar. 


2. Memungkinkannya aplikasi efek kuantum
  
3. Penambahan fungsi baru pada sistem yang sudah ada membuat material sama dalam ukuran kecil. Tetapi membuat suatu fungsi yang baru ketika atom atau molekul yang berbeda jenis disusun dalam suatu sistem device.



Peran teknologi nano yang lainnya :
Teknologi nano mampu menggandakan kekutan beton.
- dengan campuran 10 persen bahan nanosilika kekutan beton menjadi dua kali lebih kokoh, tahan gempa, dan kedap air laut.

Teknologi nano mampu membuat obat dalam ukuran nanogram.
- obat tersebut langsung menuju sasaran yang hendak diobati.





© Teknologi nano memberikan jalan keluar mengatasi polusi:
1. dengan penguasaan nanoteknologi akan mengurangi penggunaan bahan bakar di bidang transportasi.

2. mengurangi gas buang dan limbah.

3. nanofilter mampu menyaring debu, gas dan partikel di bawah orde satu micron.
4. nanoteknologi akan ditemukan solar sel yang bisa mengurangi sumber energi senyawa karbon.
5. nanoteknologi memungkinkan penemuan baterai dengan kapasitas tinggi dan bertahan lama.
6. nanoteknologi memungkinkan penghematan energi karena jaringan listrik tidak lagi menggunakan tembaga sebagai konduktor, tapi akan menggunakan konduktor dengan tingan resistensi nol.
7. nanoteknologi memungkinkan penggunaan hydrogen sebagai sumber energi baru.


© nanoteknologi mampu mengubah material yang tidak berguna menjadi barang bermutu tinggi dengan menyusun unsur pembentuknya.
- Batu gamping (clay) yang diubah menjadi nanopartikel kemudian dicampur dengan polimer, akan menghasilkan polymer nanocomposite (PNC) yang sangat kuat dan elastis.



Teknologi nano dapat digunakan pada barang –barang elektronik:

1. mesin cuci ‘Air Wash™ System’ buatan Samsung.
mesin cuci dengan teknologi Silver Nano, dimana ion-ion perak berukuran nano akan membasmi bakteri dan jamur. Ion-ion perak nano juga mampu bertahan pada cucian hingga 30 hari sehingga cucian bebas bakteri dan partikel penyebab bau.


2. ‘iPod Nano’ buatan Apple
 Dengan menggunakan teknologi nano, iPod ini dibekali storage sebesar 4GB dan 8GB, dan kekutan baterai 5 jam untuk menonton video,serta 24 jam untuk mendengarkan musik.
  

Perkembangan Teknologi Nano ( Nanotechnolgy) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: budis

No comments:

Berlangganan Via Email